Rabu, 10 Oktober 2012

tugas softskill minggu pertama

1. Jelaskan hakikat ilmu sosial dasar !

Hakikat ilmu sosial dasar membicarakan hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya, hubungan ini dapat diwujudkan kenyataan sosial dan kenyataan sosial inilah yang menjadi titik perhatiannya. Dengan Demikian Ilmu Sosial Dasar memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran kita dalam menghadapi lingkungan sosial.

Ilmu sosial dasar bukanlah suatu disiplin ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri, tetapi hanyalah suatu pengetahuan mengenai aspek yang paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah-masalah yang terwujud daripadanya. Ilmu sosial dasar menyajikan suatu pemahaman mengenai hakikat manusia sebagai makhluk sosial dam masalah-malahnya dengan menggunakan suatu kerangka pendekatan yang melihat sasaran studinya tersebut sebagai suatu masalah obyektif dan juga menggunakan kacamata subyetif.

http://muchad.com/teori-ilmu-sosial-hakikat-tujuan-ilmu-sosial-dasar.html


2. Jelaskan tujuan dari ruang lingkup ilmu sosial dasar !

Ilmu Sosial Dasar bertujuan membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas. Ilmu sosial dasarmeliputi dua kelompok utama, studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga – lembaga sosial. yg terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang yg kemudian terdiri atas ekonomi dan politik.

http://aerorobotic.blogspot.com/2011/11/pengertian-tujuan-ruang-lingkup-ilmu.html
http://ucupbara.wordpress.com/2011/01/06/pengertian-dan-tujuan-ruang-lingkup-isd-ilmu-sosial-dasar/


3. Apa yang menjadi kajian ilmu sosial dasar ? 

Yang menjadi kajian ilmu sosial dasar adalah memberikan bekal kepada mahasaiswa untuk memperoleh pemahaman terhadap pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep - konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah - masalah budaya. Dengan mempelajari ilmu sosial dasar, mahasiswa diharapkan menjadi berbudaya, beradab dan bermoral, serta berbudi luhur dengan selalu menjunjung tinggi nilai - nilai kemanusiaan.
Objek bahasan ilmu sosial dasar dikembangkan dalam 8 pokok bahasan yang meliputi:
1. Manusia dan cinta kasih
2. Manusia dan keindahan
3. Manusia dan penderitaan
4. Manusia dan keadilan
5. Manusia dan pandangan hidup
6. Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
7. Manusia dan kegelisahan
8. Manusia dan harapan

Ilmu sosial dasar pengetahuan yang menelaah masalah - masalah sosial, khususnya masalah - masalah yang dihadapi oleh masyarakat dengan menggunakan fakta, konsep dan teori yang berasal dari berbagai bidang kajian ilmu - ilmu sosial.

http://einsteinfisika.blogspot.com/2011/06/ilmu-budaya-dasar-ruang-lingkup-kajian.html

4. Apa yang dimaksud dengan masalah sosial ?

masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masayarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau sosial.

http://tugaskuliah-ilham.blogspot.com/2011/03/pengertian-masalah-sosial.html


5. Jelaskan perbedaan antara pengetahuan budaya dan ilmu budaya dasar !

Ilmu budaya dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan sedangkan pengetahuan budaya adalah adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.

http://irfancikal.blogspot.com/2012/03/definisi-ilmu-pengetahuan-budaya.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar